Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Menghadapi Orang Yang Membenci Kita

Di dalam nasib, pasti saja tak mungkin semua orang bakal suka dan mencintai kita. Setiap diantara kami pasti bakal ada yang suka dan tak suka. Faktor ini menjadi lumrah sebab manusia pasti mempunyai ketidak lebihan dan juga mempunyai kesalahan. Adanya faktor tersebut, menjadi dorongan kami sebagai manusia untuk rutin berusaha meminta maaf, saling memaafkan dan memaklumi kesalahan setiap orang.

Sebagai manusia dengan Tujuan Penciptaan Manusia, Proses Penciptaan Manusia , Hakikat Penciptaan Manusia , Konsep Manusia dalam Islam, dan Hakikat Manusia Menurut Islam sesuai dengan manfaat agama , pasti kami bakal mempunyai kesalahan dan ketidak lebihan di mata orang lain. Pasti saja faktor ini wajib kami sadari.

Di dalam islam, orang-orang yang membenci kami bakal lebih baik apabila kami memberbagi yang paling baik untuk mereka. Sekaligus bakal lebih baik lagi apabila kami mendoakan mereka mesikipun mereka tak tahu alias megerti apa yang kami perbuat.

Di dalam Al-Quran tersedia berbagai doa yang bisa kami baca untuk menjadi penguat spiritual dan kenasiban kita. Berikut merupakan doa dalam Al-Quran yang bisa diperbuat terhadap orang-orang yang membenci kami alias berlaku zalim terhadap kita, terutama mereka yang berasal dari kaum kafir alias tak mengharapkan kemajuan dan perkembangan islam.

Doa-doa ini bisa membikin kami lebih tenang, tentram, dan jauh dari segala bentuk ingin balas dendam. Kami menyerahkan balasannya terhadap Allah dan meminta adil pada Allah. Manusia yang ingin membalas dendam belum pasti adil dan belum pasti sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Untuk itu, berdoa saja terhadap Allah supaya Allah berbagi petunjuk terhadap kita. Insya Allah, apa yang Allah balas dan berbagi telah pasti keadilannya. Apabila tak dibalas di dunia maka pastinya di akhirat bakal lebih adil.

(QS : Ali Imran : 147)

“Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”

(QS : Yunus : 85-86)
“Ya Tuhan, janganlah Engkau jadikan kami target fitnah bagi kaum yang zhalim, dan selamatkanlah kami dengan curahan rahmat-Mu dari tipu daya orang- orang yang kafir.”

(QS : Al A’raf : 23).

Ya Tuhan, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan apabila Engkau tak mengampuni kami dan memberi rahmat terhadap kami, niscaya kami tergolong orang-orang yang memenyesal.”

(QS : Al A’raf : 89).

“Ya Tuhan, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan haq (adil). Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya.”

Sponsors Link

(QS : Al Hasyr : 10)

Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan dosadosa saudara-saudara kami yang telah mendahului kami dengan mengangkat iman, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.”

(QS : As-Syu’ara : 83-85)

“Ya Tuhanku, berbagilah kepadaku hikmah dan pertemukanlah aku dengan orang-orang yang shalih, dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang yang datang kemudian. Dan jadikanlah aku tergolong golongan orang-orang yang mewarisi sorga yang penuh nikmat.”

(QS : Nuh : 28).

“Ya Tuhanku, ampunilah dosa-dosaku dan dosa kedua orang ibu-bapakku, dan dosa orang yang masuk ke rumahku dengan mengangkat iman, dan orang beriman laki-laki maupun perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zhalim itu tidak hanya kebinasaan.”

Doa-doa tersebut merupakan doa-doa yang ada dalam Al-Quran dan bisa kami bacakan saat mengalami segala macam mengenai kejahatan, kebencian, alias perilaku zalim dari orang lain. Pasti bagi kami seorang muslim menjadi muslim yang baik merupakan sebuahkewajiban. Apabila ada yang membenci diri kita, maka jangan hingga kami sama semacam mereka menjadi benci dan turut membencinya.

Doakanlah orang yang membenci kami dengan doa yang sanggup menyelamatkan di Dunia Menurut Islam, supaya memperoleh Berhasil Menurut Islam, Berhasil Dunia Akhirat Menurut Islam, dengan Tutorial Berhasil Menurut Islam sebab nanti doa itu bakal kembali pada diri kami sendiri.

Ada tak sedikit hikmah dari kami membalas kebencian orang lain alias kezaliman orang lain dengan doa dan kebaikan kita. Pastinya tak sama dengan kami menjadi merendahkan diri kami alias menghinakan diri kami sendiri. Berikut merupakan hikmah yang bisa didapatkan dari faktor tersebut.

Hati Menjadi Lebih Tenang

Dengan kami membalas kebaikan dan mendoakan kebaikan pada orang yang membenci kita, maka hati kami menjadi tenang. Hati kami tak bakal menjadi berpersoalan sebab yang kami keluarkan merupakan kebaikan bukan membalas dengan kekurang baikan. Kekurang baikan orang lain bukan menjadi sebuahpersoalan dan tak bakal menjadi mengotori hati kami apabila kami lebih mengikhlaskan diri.

Kekotoran hati bisa saja terjadi ketika kami membalas kebencian orang lain dengan kebencian kembali. Untuk itu, jangan hingga hati kami ternodai hanya gara-gara kami emosi dan ingin membalas faktor tersebut dengan faktor yang serupa.

Tidak Sama dengan Mereka yang Membenci Kita

Dengan kami tak membalas kebencian dengan kebencian maka kami tak bakal sama dengan mereka yang membenci kita. Kami bakal memperoleh kebaikan dan balasan yang lebih baik dari Allah. Apabila kami membenci perilaku tersebut, maka jangan hingga kami menjadi orang yang juga merendahkan diri kami sendiri. Jangan hingga kami meperbuat faktor serupa dan kami menjadi orang yang juga dibenci oleh orang lain sebab perilaku tersebut.

Pahala yang Besar

Pahala yang besar bakal kami bisakan apabila kami meperbuat kebaikan pada orang yang berlaku kekurang baikan terhadap kita. Pahala yang besar hanya bakal didapatkan oleh orang-orang yang membalas kekurang baikan dengan kebaikan bukan sebaliknya. Untuk itu, jadikan diri kami orang-orang yang berpahala besar sebab rutin mendoakan dan meringankan beban orang lain.

Menjadi Orang-Orang Yang Bijakasana

Membalas doa dan kebaikan pada orang yang membenci kami juga bisa menjadikan diri kami sebagai orang yang bijakasana dan jauh dari perilaku yang kurang baik. Orang-orang yang membalas kekurang baikan dengan kebaikan bakal berkualitas tak sama. Untuk itu kebijaksanaan hanya bakal datang pada mereka yang sangatlah berpikir jernih dan jauh dari segala dendam.

Semoga kami bisa menjadi orang yang bijakasana dan rutin bersikap sesuai dengan apa yang Allah perintahkan, dalam rukun islam , rukun iman , Manfaat Iman Terhadap Kitab Allah, Manfaat Iman Terhadap Allah SWT, dan Manfaat Al-quran Bagi Umat Manusia bukan berdasarkan terhadap hawa nafsu, emosi, alias segala dendam dalam diri kita.

Sumber : https://khalifahmedia.com